-->

Tips Karir

6 Tujuan Bekerja yang Penting untuk Diketahui, Dapat Menentukan Karir di Masa Depan



Dunia karir bukanlah dunia main-main. Butuh dipersiapkan secara matang agar tidak mengecewakan dikemudian hari. Dunia karir juga berbeda dengan dunia sekolah karena saat kamu sudah memasuki dunia karir persaingan menjadi makanan sehari-hari.

Salah satu upaya untuk merancang masa depan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan kamu berkarir atau bekerja. Sebab sedikit banyak tujuan tersebut dapat mempengaruhi karir kamu di masa depan.

Menentukan tujuan untuk karir masa depan harusnya sudah dibentuk sedini mungkin. Dan ternyata, cara yang paling efisien dalam meraih kesuksesan karir masa depan yaitu dengan menetapkan target atau impianmu.

Coba berpikir matang dan jangan setengah-setengah dalam menentukan target jangka panjang.
Berikut ini ada 6 tujuan bekerja yang penting untuk diketahui, dapat menentukan karir di masa depan telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1. Bermanfaat untuk Orang Lain


Tujuan bekerja yang pertama adalah bermanfaat untuk orang lain, bisa dibilang tujuan ini jarang terpikir oleh seseorang karena tujuan utama dari bekerja yang biasanya seseorang pikirkan adalah mendapat gaji yang besar, posisi yang bagus atau bisa jadi juga popularitas.

Padahal bermanfaat bagi orang lain adalah hakikat sebenarnya dari kehidupan begitu juga degan bekerja. Kalau seseorang sudah berada pada tahap ingin bermanfaat bagi orang lain maka Ia menjadi lebih terbuka dengan segala jenis pekerjaan selagi itu tidak membawa keburukan untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

2. Mencari Gaji Besar


Tujuan bekerja berikutnya adalah mencari gaji besar. Tujuan ini relatif umum kenapa seseorang memilih bekerja bahkan gila bekerja. Tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang yang memiliki tujuan bekerja untuk mencari gaji yang besar adalah orang-orang yang ambisius.

Mereka akan mengupayakan hal apa pun untuk mencapai keinginan mereka tak jarang mereka lebih mencintai pekerjaan ketimbang diri mereka sendiri. Sebaiknya imbangi keinginan besar tersebut dengan usaha tetap mencintai diri sendiri dan mengetahui batasan dalam bekerja agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

3. Mencari Posisi yang Bagus


Hampir sama dengan tujuan bekerja untuk mendapatkan gaji yang besar, tujuan bekerja untuk mendapatkan posisi yang bagus juga berisiko mengganggu mental seseorang.

Hal ini karena yang menjadi fokus utama dari kerja hanyalah ingin mendapatkan posisi yang bagus. Tak jarang mereka melupakan batas kemampuan tubuh menjalani pekerjaan yang akhirnya justru membawa dampak buruk bagi diri sendiri.

4. Hanya untuk Mengisi Waktu Luang


Tujuan bekerja lainnya yang harus kamu ketahui adalah hanya untuk mengisi waktu luang. Biasanya orang-orang dengan tujuan ini sudah memiliki kehidupan yang mapan atau sedang tidak membutuhkan suatu hasil yang memuaskan.

Sebab bekerja dengan tujuan hanya mengisi waktu luang dinilai cenderung tidak serius, tidak memiliki target yang jelas sehingga hasilnya pun bisa jadi tidak maksimal

5. Memenuhi Passion


Dengan melakukan apa yang Anda sukai, semua akan jadi lebih mudah. Ketika pada akhirnya Anda berhasil membuat karya yang bernilai tinggi, akan ada kepuasan tersendiri yang tidak akan bisa Anda dapatkan dari hal lain.

Namun jangan sampai rasa puas ini menghentikan Anda dalam berkarya. Merasa bangga pada diri sendiri itu boleh, namun jangan sampai berlarut-larut.

6. Menyenangkan Hati Orang Lain


Menyenangkan hati orang lain berbeda dengan bermanfaat untuk orang lain. Menyenangkan hati orang lain sering kali tidak sejalan dengan menyenangkan diri sendiri.

Semisal kamu bekerja untuk menyenangkan hati keluarga, orang-orang di sekitarmu padahal kamu sendiri tidak menyukai pekerjaan tersebut. Hasilnya tentu saja sepanjang menjalani pekerjaan kamu akan merasa tertekan.

Hal seperti itu akan berdampak pada kinerjamu yang jadi kurang maksimal.
Subscribe Our Newsletter